Cara Submit Sitemap ke Google Search Console (GSC)

Membuat sebuah situs web yang optimal adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan mesin pencari untuk menemukan dan menampilkan situs web tersebut pada hasil pencarian. Salah satu hal yang penting untuk mempercepat proses ini adalah dengan menggunakan sitemap (peta situs) dan mengirimkannya ke Google Search Console. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk mengirimkan sitemap ke Google Search Console.

Pastikan Anda sudah mendaftarkan blog Anda di Google Search Console, jika belum silahkan daftar terlebih dahulu, jika sudah mari kita lanjut ke langkah berikutnya.

Selanjutnya masuk ke halaman Google Search Console lalu masuk ke menu Sitemaps. Masukkan Sitemaps berikut ini satu-persatu, setelah itu klik Submit.

https://endorsin.com/sitemap.xml : sitemap untuk postingan biasa.

https://endorsin.com/sitemap-pages.xml : sitemap untuk postingan halaman statis.

https://www.endorsin.com/sitemap.xml?page=1 : sitemap untuk memisahkan setiap 150 artikel, jika page=1 sudah terisi 150, Anda bisa submit sitemap ini dengan mengganti nomor pada tulisan page=x (1 dan seterusnya).

Setelah submit masing-masing sitemaps diatas, kurang lebih hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa untuk mengganti link endorsin diatas dengan link blog Anda.

Sampai ditahap ini, Anda sudah berhasil melakukan submit sitemap blog ke Google Search Console.

Setelah sitemap berhasil ditambahkan ke Google Search Console, Anda dapat memantau kinerjanya dengan mengklik menu "Sitemap" di panel kiri. Di sana, Anda bisa melihat berapa banyak halaman yang telah diindeks oleh Google, berapa banyak yang gagal diindeks, dan informasi lainnya tentang kinerja sitemap blog.

Mengirimkan sitemap ke Google Search Console adalah langkah penting dalam optimasi mesin pencari untuk situs web Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda diindeks dengan baik dan mudah ditemukan oleh pengguna internet.