Cara Cek Artikel Sudah Terindeks Google atau Belum

Buat Anda seorang blogger atau penulis konten di internet, pasti Anda ingin artikelmu terindeks oleh mesin pencari Google. Indeksasi Google akan membuat artikelmu muncul di hasil pencarian dan dapat dibaca oleh banyak orang. Namun, bagaimana cara mengecek apakah artikelmu sudah terindeks Google atau belum? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Ketikkan "site:namadomainkamu.com" di Mesin Pencari

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan operator "site:" di mesin pencarian seperti Google. Caranya adalah dengan mengetikkan "site:namadomain.com" (ganti namadomain.com dengan nama domain blogmu) di kotak pencarian Google, lalu tambahkan kata kunci atau judul artikelmu. Jika artikelmu sudah terindeks, maka akan muncul di hasil pencarian.

2. Gunakan Google Search Console

Google Search Console adalah alat yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memantau kinerja situs mereka di Google Search. Anda dapat mengecek apakah artikelmu sudah terindeks atau belum dengan memeriksa laporan pengindeksan di Google Search Console. Jika artikelmu sudah terindeks, maka akan muncul di bagian sitemap (discovered pages) seperti gambar dibawah ini.

3. Ketikkan URL Artikel Anda di Google

Berikut adalah cara termudah untuk mengecek apakah artikel Anda sudah terindeks atau belum. Dengan cara copy url artikel blog Anda lalu pastekan di kolom pencarian google. Jika sudah terindeks maka akan ada link artikel blog Anda di pencarian tersebut.

Tips Jika Artikel Anda Belum Terindeks

Terakhir, jika artikel blog belum terindeks oleh Google, mungkin Anda perlu menunggu 1-2 hari setelah mempublikasikan artikelmu. Karena Google memerlukan beberapa waktu untuk mengindeks artikelmu. Jika setelah beberapa waktu tersebut artikelmu masih belum juga terindeks, Anda dapat mencoba cara seperti mengedit dan mengoptimasi artikelmu agar lebih mudah diindeks oleh Google.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek apakah artikelmu sudah terindeks Google atau belum. Jika artikelmu belum terindeks, jangan khawatir. Coba periksa kembali apakah artikelmu sudah dioptimalkan dengan baik untuk SEO dan pastikan artikelmu memiliki konten yang berkualitas dan relevan dengan kata kunci yang Anda targetkan. Selamat mencoba!